Resep Roti Boy pakai roti tawar, menu viral enak kesukaan keluarga

Sebagai seorang coffee lover, tentu saja saya suka Roti Boy yang aroma kopinya menggugah selera. Ketika tahu ada resep viral bikin Roti Boy hanya pakai roti tawar, tentu saja saya tidak mau ketinggalan.

resep roti boy pakai roti tawar menu viral enak kesukaan keluarga


Coffee bun, roti kopi yang bikin nagih

Sebelum pandemi, saya cukup sering membeli Roti Boy dan Roti 'O. Biasanya saya beli Roti Boy ketika jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Nah kalau Roti 'O saya beli di stasiun kereta api karena memang hampir di setiap stasiun ada gerai Roti 'O yang wanginya semerbak.

Soal gerai Roti 'O yang bisa ditemukan di stasiun kereta api, nah saya pernah baca jokes di Twitter yang berkaitan dengan hal ini. Sayang sekali saya tidak menemukan screenshot cuitannya, tapi kurang lebih seperti ini jokes-nya. 

twitter jokes tentang roti 'o di stasiun kereta api

Hahahaha, kalau dipikir-pikir benar juga ya karena aroma kopi-nya Roti 'O itu memang tercium bahkan sebelum kita masuk ke dalam stasiun. Jadi daripada ribet swab antigen, tanya saja apakah penumpang bisa mencium aroma roti. Kalau tidak bisa berarti kena COVID. 

Namun ketika pandemi, saya hampir tidak pernah membeli lagi produk roti coffee bun. Jadi ketika ramai resep viral Roti Boy pakai roti tawar, saya langsung penasaran. Apakah rasanya akan seenak Roti Boy?

Resep Roti Boi pakai roti tawar dengan ukuran rumah tangga (URT), nggak perlu timbangan!

Banyak sekali resep Roti Boy pakai roti tawar di internet, sampai pusing sendiri mana yang kira-kira enak dan anti gagal? Saya sempat mencoba beberapa resep yang saya dapat secara online lewat aplikasi sharing resep dan Youtube, tetapi kok ada saja yang kurang oke. Mungkin karena kebanyakan resep menggunakan takaran gram, sedangkan timbangan digital saat itu sedang dibawa pak suami ke kantor.

Akhirnya saya coba-coba sendiri modifikasi resep dengan menggunakan ukuran rumah tangga dan berhasil! Jadi teman-teman yang tidak punya timbangan bisa buat juga.

Berikut ini adalah resep Roti Boy Toast ala Keluarga Aditya dengan menggunakan Ukuran Rumah Tangga (URT).

Alat:

  • Wadah untuk mengaduk bahan
  • Alat pengocok (whisk), bisa diganti dengan garpu bagi yang tidak punya
  • Blender dry mill (untuk menghaluskan gula pasir)
  • Sendok makan
  • Spatula
  • Piping bag, bisa diganti dengan plastik kiloan biasa.

Bahan:

  • 2-3 sachet kopi instan merek Nescafe Classic
  • 5 sdm margarin
  • 5 sdm gula pasir, haluskan dengan dry mill
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 5-7 sdm tepung terigu
  • Roti tawar
  • Keju oles (saya pakai Prochiz spready)
  • Sedikit air, sekitar 2-3 sdm

Cara membuat Roti Boy viral dengan roti tawar

  • Masukkan gula dan margarin, kocok hingga tercampur rata (Gambar 1-2)
  • Seduh kopi instan dengan sedikit air mendidih.
  • Masukkan seduhan kopi dan aduk kembali (Gambar 3-5)

resep roti boy pakai roti tawar viral enak

  • Masukkan kocokan telur ke dalam wadah dan aduk semua bahan hingga tercampur. (Gambar 6-7)
  • Tambahkan 5 sdm tepung terigu dan aduk hingga konsistensinya seperti pasta kental. (Gambar 8-9)
  • Masukkan adonan pasta kental ke dalam piping bag dan ikat (Gambar 10-11)

cara membuat roti boy dengan roti tawar

  • Siapkan 2 lembar roti tawar, beri keju oles pada salah satu sisi roti tawar, potong bentuk segitiga.
  • Semprotkan adonan pasta ke bagian atas roti (Gambar 12-13)
  • Panggang roti dalam toaster selama 6-7 menit (Gambar 14)
  • Roti Boy toast dengan roti tawar siap disajikan.

langkah membuat roti boy dengan oven toaster

roti boy toast viral dengan roti tawar nikmat disajikan saat hangat dengan kopi dan teh


Lakukan ini agar Roti Boy Toast anti gagal

Sebelum mendapatkan resep Roti Boy pakai roti tawar anti gagal ini, saya bolak balik mencoba beberapa resep dan utak atik urutan pembuatannya.

Jadi ternyata ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar hasil roti-nya enak.

1. Selalu gunakan gula halus. 

Waktu pertama kali buat resep ini, saya ngeyel pakai gula pasir biasa (karena malas mengeluarkan dry mill blender). Eh hasilnya nggak karuan walaupun masih kemakan sih. Buat yang nggak punya blender dry mill dan ingin bikin Roti Boy toast sebaiknya sedia gula pasir halus, bisa dibeli di minimarket.

2. Seduh kopi dengan 2-3 sdm air. 

Ingat ya, ini bukan nyeduh kopi buat diminum jadi tidak perlu banyak air. Seriusan deh 2-3 sdm air itu sudah cukup. Tidak perlu kuatir seduhan kopi terlihat kental karena nanti kan akan dicampur dengan bahan lain. Saya sempat menyeduh kopi dengan air yang terlalu banyak, akibatnya saya harus menambahkan tepung terigu lebih banyak untuk mendapatkan konsistensi adonan pasta.

3. Kocok lepas telur sebelum dicampur ke adonan. 

Kalau telur dimasukkan langsung ke adonan tanpa dikocok lepas, butuh kerja ekstra untuk mengaduk. Ini pun hasilnya belum tentu tercampur rata dan kurang halus.

4. Jangan asal cemplung semua bahan! 

Pertama kali saya buat adonan roti Boy, saya masukkan semua bahan dan aduk. Alamak hasilnya nggak karuan! Ya masih bisa dimakan sih tapi adonannya tidak halus dan terlihat masih terpisah-pisah. Setelah membuat adonan dengan urutan di atas, hasil adonannya halus dan tercampur rata.

5. Pakai whisk manual ya, jangan pakai mixer. 

Mengaduk adonan resep pakai whisk manual memang butuh tenaga lebih, tapi hasilnya justru lebih bagus dibandingkan pakai mixer lho. Saya pernah coba pakai mixer tetapi hasilnya malah nggak halus dan tercampur rata. Jangan tanya kenapa karena saya juga nggak paham. Hahaha. 

InsyaAllah hasil Roti Boy Toast dengan roti tawar enak dan anti gagal selama mengikuti resep dan menghindari poin yang saya bagikan ini.

Roti Boy Toast dengan roti tawar, cemilan favorit keluarga

Tidak disangka seluruh anggota keluarga (kecuali adik Syafiq) suka banget sama Roti Boy yang dibuat dengan roti tawar! Satu bungkus roti tawar (saya pakai roti tawar Mr. Bread) yang biasanya habis 2-3 hari, bisa habis dalam waktu 1 hari kalau dibuat Roti Boy.

Rasa Roti Boy Toast ini cukup mirip dengan aslinya dari segi aroma dan rasa. Rasa kopi-nya pas, tidak terlalu kuat sehingga anak-anak doyan. Meskipun ada rasa kopi, manisnya masih terasa. Kalau dari segi tekstur sih udah jelas beda ya, nggak mungkin sama. Hehehe.

Waktu pertama buat roti ini, saya tidak pakai keju oles. Rasanya enak juga kok, cocok buat yang mau bikin Roti Boy Toast low budget. Bagian dalam roti bisa dioleskan mentega sebagai pengganti keju oles.Tapi seriusan deh, pakai keju oles is a game changer! Ketika dikasih keju oles, rasanya jadi lebih enak karena ada perpaduan sweet and savoury. Rotinya pun jadi lebih empuk. Enak deh pokoknya!

Roti Boy dengan roti tawar ini bisa dijadikan menu sarapan pagi, cemilan sore, dan buat bekal sekolah. Apalagi kalau dimakan bareng kopi/teh/susu hangat, rasanya jadi lebih nikmat.


Oya, adonan pasta Roti Boy bisa disimpan di dalam kulkas. Tetapi sebaiknya jangan terlalu lama disimpan ya karena ada kandungan telurnya, maksimal 3 hari harus sudah habis.

Penutup

Saya tidak tahu siapa yang bikin resep Roti Boy pakai roti tawar ini viral, tapi siapapun itu makasih banget lho! Dengan bahan sederhana dan mudah didapat, saya bisa buat menu cemilan keluarga yang enak dan jadi favorit.

Roti Boy pakai roti tawar ini juga bisa mengobati rasa kangen saya makan coffee bun.

Bagaimana dengan teman-teman? Sudah mencoba resep viral Roti Boy ini? Kalau belum, cobain deh pakai resep dengan ukuran rumah tangga. Selamat mencoba!

19 komentar

  1. Mbaaaa, ya ampuuun tengkiuuuu resep ala URT nyaa 😍😍😍. Kebatulan anakku doyaaaan banget roti o atau roti boy. Di Deket rumah juga ada penjualnya, tapi kan males Yaa kalo tiap hari beli 😄.

    Dan ini kebetulan mau ngabisin sisa gula halus dan cream cheese. Bbrp bulan pagi udh exp, mending aku bikin ini deh 👍😍. Enak juga buat bekal anak2 ke sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikasih cream cheese enak untuk bekal meskipun udah dingin. Tapi kalau nggak pake cream cheese rotinya jadi keras dan alot pas dingin.

      Hapus
  2. Kaaa Tyaaaa Juara banget sih..
    Bikin roti boy sendiri begini jadi suasana baru saat makan roti yang biasanya cuma gitu gitu aja.. Senangnyaaa~
    Berbekal ilmu baking baru.

    Btw, aku baru tau bedanya menggunakan whisk justru lebih bagus daripada mixer yaa.. Ternyata baking ini memang unik karena case per-case.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nggak tahu sih soalnya pas pake mixer emang jadi aneh, mgkn karena terlalu kencang? Atau bisa jadi karena waktu pake mixer aku main asal cemplung bahan jadinya malah nggak kecampur.

      Hapus
  3. Ternyata bikinnya ga boleh asal cemplung ya 😁, makasih tipsnya mba.. Baru tau aku terutama masalah telur, telurnya harus di kocok terlebih dahulu sblm di campur ke adonan..

    Aku selalu suka stok roti tawar aku mau coba resepnya ah, makasih banyak mba sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau telurnya dikocok duluan jadi lebih gampang ngaduknya dan adonannya cepat rata mbak. Selamat mencoba!

      Hapus
  4. Saya malah baru tahu mbak ada roti tawar ala rotiboy ini. Lumayan hemat ya jadinya kalau bikinnya pakai roti tawar gini soalnya rotiboy harganya 15 ribuan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laah masa sih mbak? Aku malah merasa pas dapat resep ini udah telat banget. Hahaha. Tapi boleh lah dicoba mbak, beneran enak lho.

      Hapus
  5. Wah boleh juga nih aku praktekin di rumah soalnya selama ini roti tawar kalau nggak dipakein meses keju ya jadi sandwich. Udah gitu muluk bisanya, haha.

    BalasHapus
  6. aku belum pernah cobain ini mba Tya, boleh nih kapan2 aku bikin hehheeh biasanya yang model bun kalo beli di roti o

    BalasHapus
  7. Waaah makasih Mbak Resepnya.. Roti Boy mengingatkan ku saat di Jakarta dulu krna ada di setiap stasiun.. sekarang udah pindah ke pedalaman mana ada roti Boy.. sekalai lagi makasih resepnya...

    BalasHapus
  8. Eeummmm eenakkkk kadi pengennn,boleh ini anak-anak pasti suka bgt. Save ah moga berhasil buatnya,thx mbaa ;)

    BalasHapus
  9. wih menarik buat dipraktekkan nih resepnya. bikin kudapan roti tawar ala roti boy. apalagi roti dengan rasa kopinya yang khas ini jadi favorit semua anggota keluarga di rumahku. thanks for sharing mba

    BalasHapus
  10. Aku sering liat ini seliweran di TikTok tapi blm sempet cobain karna mager hehehe. Kayaknya sabi nih dicobain buat camilan pas buka puasa 😁

    BalasHapus
  11. Wah, aku akan save resep ini
    Kapan kapan mau recook
    Anakku suka banget sama rotiboy

    BalasHapus
  12. Benar Mba, aroma Roti O bikin perut yang sebenarnya masih kenyang mendadak lapar :-D
    Noted resepnya, nanti recook untuk buka puasa atau nyiapin cemilan anak pas siang..

    BalasHapus
  13. Enak banget Roti Boy ini. Mana wanginya bikin laper. Makasih resepnya, mba. Tapi aku beli aja deh, soalnya takut gagal bikinnya wkwk.

    BalasHapus
  14. asikk masuk koleksi resep, bisa pakai air fryer kan ya kalau ga ada oven?

    BalasHapus
  15. Kalau pakai oven panggang berapa derajat yah? Makasih tipsnya komplet... Mau coba ah tapi pakai mozarella

    BalasHapus