Cek lab untuk ibu hamil di Lab Klinik Gunung Sahari Depok

Selain pemeriksaan USG, pemeriksaan lainnya yang wajib dilakukan oleh ibu hamil adalah cek laboratorium. Cek lab ini bertujuan untuk memastikan ibu dan bayi yang berada di dalam kandungan berada dalam kondisi sehat. Kali ini, saya mau berbagi cerita pengalaman saat melakukan cek lab untuk ibu hamil di Laboratorium Klinik Gunung Sahari Depok.

Pentingnya cek lab untuk ibu hamil

Jujur saya tidak ingat melakukan cek lab ketika hamil pertama dan kedua. Hehehe. Yang jelas, saat ini pemerintah mewajibkan semua ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan lab. Tujuan rangkaian tes lab saat kehamilan ini bertujuan untuk melindungi ibu dan bayi. Dengan melakukan tes lab, kematian ibu hamil dan bayi baru lahir bisa dicegah. Selain itu, pemeriksaan laboratorium juga dilakukan untuk mendeteksi penyakit menular seperti Hepatitis dan HIV-AIDS.

Lalu bagaimana kalau hasil pemeriksaan penyakit menular ini positif? Tentu saja nakes tidak akan tinggal diam. Bidan dan dokter bisa memberikan penanganan khusus sekaligus mengedukasi ibu agar penyakit tersebut tidak menular pada bayi baik saat proses persalinan maupun pasca persalinan. Jadi, sudah tahu dong pentingnya cek lab untuk bumil ini. 

tes laboratorium sampel darah

Apa saja tes laboratorium untuk ibu hamil

Bicara pemeriksaan laboratorium, tes yang harus dijalani ibu hamil bisa berbeda tergantung kondisi kehamilan ibu. Sebagai contoh, salah satu sahabat saya yang saat ini sedang hamil diminta untuk melakukan test Vitamin D. Namun umumnya cek lab yang diwajibkan adalah cek darah, urin, dan gula darah. Ibu hamil juga diwajibkan untuk melakukan tes Hepatitis dan HIV-AIDS.

Cek lab yang diwajibkan adalah cek darah, urin, dan gula darah. Ibu hamil juga diwajibkan untuk melakukan tes Hepatitis dan HIV-AIDS.

Saya sempat menghubungi layanan konsultasi UPTD Puskesmas Abadijaya Depok via Whatsapp (nomornya 081389663255) untuk mendapatkan informasi cek lab untuk ibu hamil di Puskesmas. Untuk pemeriksaan bumil lengkap di Puskesmas terdiri dari:

  • Pemeriksaan darah rutin (H2TL)
  • Golongan darah
  • Urine rutin
  • HBsAg (Hepatitis)
  • Siphilis (VDRL)

Biaya cek lab ibu hamil di Puskesmas Depok
Biaya cek lab untuk ibu hamil di Puskesmas Depok

Biaya cek lab ibu hamil di Puskesmas ini hanya 100 ribu saja lho. MasyaAllah murahnya. Selain pemeriksaan bumil lengkap, ibu juga bisa mengambil tes lainnya dengan biaya seperti yang tertera di foto berikut ya. Oya, tes HIV-AIDS tidak dikenakan biaya alias gratis bagi pemilik KTP Depok. Saya rasa ini juga berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.

Pengalaman cek lab untuk ibu hamil di Lab Klinik Gunung Sahari

Sebetulnya saya ingin melakukan cek lab di Puskesmas. Sayangnya saat saya menanyakan jadwal dan prosedur pemeriksaan, pihak Puskesmas memberi tahu bahwa alat lab sedang dalam perbaikan dan baru bisa beroperasi 1-2 minggu lagi. Waduh, padahal saya butuh hasil lab segera. Mau tidak mau saya harus melakukan cek lab di lab swasta dengan risiko biaya yang jauh lebih mahal.

Saat sedang mencari informasi harga cek lab di beberapa rumah sakit dan lab swasta, aku baru ingat kalau ada lab swasta yang lokasinya sangat dekat dari rumah, yaitu Laboratorium Klinik Gunung Sahari.

Gunung Sahari, lab klinik dengan layanan cepat, tepat, akurat

Laboratorium Klinik Gunung Sahari adalah lab swasta yang didirikan oleh dr. Herman Kurniawan, Sp. PK, M.Kes di tahun 1985. Nama lab ini diambil dari lokasi lab yaitu di Jl. Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat. Saat ini lab klinik Gunung Sahari memiliki 4 cabang di area Jakarta dan Depok. Pelayanan Laboratorium Klinik Gunung Sahari tidak perlu diragukan lagi karena lab ini menyediakan fasilitas fasilitas penunjang medis yang lengkap, tepat, dan akurat, dengan biaya yang terjangkau. 

Lab Klinik Gunung Sahari Depok
Lab Klinik Gunung Sahari Depok

Mudahnya mendapatkan informasi harga tes laboratorium di website Gunung Sahari

Bicara soal biaya pemeriksaan laboratorium, saya baru tahu kalau lab klinik Gunung Sahari punya website yang lengkap, termasuk soal informasi harga. Lewat website https://gslab.co.id/, pilih menu Order Online. Di halaman ini kita bisa mengecek harga pemeriksaan laboratorium yang diinginkan. Selain itu, Gunung Sahari juga menyediakan berbagai paket pemeriksaan seperti paket medical check up, paket skrining tumor payudara, sampai paket premarital.

Kita cukup memasukkan nama item/jenis pemeriksaan yang diinginkan lalu klik “Lihat Harga”. Tanpa perlu menunggu lama, harga tes lab akan muncul di layar. Oya, jenis pemeriksaan yang dimasukkan juga bisa lebih dari satu dan harga yang ditampilkan adalah harga total dari semua tes. Dengan begini, saya tidak perlu menduga-duga berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Order online tes lab untuk ibu hamil melalui website Gunung Sahari

Buat teman-teman yang ingin melakukan tes lab, proses order bisa dilakukan secara online melalui website Gunung Sahari dengan langkah sebagai berikut: 

1. Buka website https://gslab.co.id/ dan pilih menu ORDER ONLINE

Website Lab klinik Gunung Sahari

2. Masukkan item/jenis pemeriksaan yang diinginkan, lalu klik LIHAT HARGA.

Input jenis pemeriksaan lab
3. Pilih provinsi dan nama kota/kabupaten sesuai lokasi. Selanjutnya pilih lokasi Lab Klinik Gunung Sahari. 

Memilih lokasi laboratorium pemeriksaan Gunung Sahari

4. Total harga pemeriksaan akan muncul. Pastikan daftar tes yang muncul sudah sesuai. Klik CHECKOUT dan login ke akun Gunung Sahari atau register untuk pengguna baru.

Cek jenis pemeriksaan yang diinginkan dan checkout Gunung Sahari

5. Isi data dengan benar. Di sini ada pilihan untuk datang langsung ke lab atau pihak lab yang datang ke rumah (home service). Jangan lupa untuk pilih tanggal kedatangan.

Isi data pasien lab Gunung Sahari dengan lengkap
Konfirmasi pembayaran cek lab Gunung Sahari

6. Lakukan pembayaran menggunakan DOKU atau merchant yang bekerja sama dengan DOKU. Apabila pembayaran berhasil, kita akan mendapatkan email invoice.

Lakukan pembayaran cek lab lewat DOKU dan transfer bank

Datang ke lab Gunung sahari untuk Tes laboratorium untuk bumil

Jam 7 pagi saya dan suami berada di lokasi lab Gunung Sahari di Depok. Sesampainya di lab, saya cukup menginformasikan ke bagian pendaftaran bahwa saya sudah melakukan order online. Saya hanya diminta untuk menyebutkan nama saja untuk mengecek apakah data sudah masuk. Alhamdulillah data sudah masuk dan saya tidak perlu lagi mengisi formulir apapun karena semua data sudah di-input saat melakukan order online.

Tanpa perlu menunggu lama, saya pun dipanggil untuk pengambilan darah. Tenaga medis di Lab Klinik Gunung Sahari bekerja dengan profesional dan ramah sehingga proses pengambilan darah berlangsung cepat dan minim sakit. Oya tenaga medis di sini semuanya menggunakan face shield, masker, dan sarung tangan. Selanjutnya saya ke kamar mandi untuk mengambil sampel urin. 

Pengambilan sampel darah tes glukosa
Pengambilan sampel darah tes glukosa 

Tes urine di lab klinik Gunung Sahari
Tes urine di lab klinik Gunung Sahari

Jam 9 pagi saya kembali ke lab klinik untuk melakukan pengambilan darah pasca puasa (2 jam setelah pengambilan darah pertama). Oya, saya tidak perlu berlama-lama di lab karena administrasi dan pembayaran sudah dilakukan secara online. Jadi, begitu pengambilan darah selesai, saya bisa langsung pulang. 

Hasil cek lab Gunung Sahari

Hasil rangkaian tes laboratorium ini langsung saya terima di sore hari sekitar jam 2.30 melalui email. Sungguh praktis! Kita juga bisa datang ke lab untuk mengambil hasil cek lab yang sudah dicetak apabila diperlukan. Hasil pemeriksaan ini juga bisa diakses secara online di website lab klinik Gunung Sahari.

Hasil pemeriksaan di lab klinik Gunung Sahari dikirimkan via email dan bisa diakses secara online di website.

Hasil lab Gunung Sahari via email
Hasil lab Gunung Sahari via email

Hasil cek lab ini langsung saya kirimkan ke ibu Bidan Jehanara via Whatsapp. Maklum, saya sempat diceramahi beliau karena belum sempat melakukan pemeriksaan lab. Padahal beliau perlu tahu kadar Hemoglobin saya. Beliau pun bisa langsung memberikan saran berdasarkan hasil tersebut. Alhamdulillah menurut Bidan Jehan hasilnya baik. Cuma kalau bisa kurangi karbohidrat dan gula.

*** 

Itu dia pengalaman saya melakukan cek lab untuk ibu hamil di lab klinik Gunung Sahari. Alhamdulillah saya puas dengan pelayanan yang diberikan lab klinik ini. Bagaimana dengan teman-teman? Adakah yang pernah mencoba cek lab di Gunung Sahari? Bagaimana dengan teman bumil? Boleh dong share di mana kalian melakukan cek lab kehamilan.

23 komentar

  1. Ciri2 bisnis siap go global:

    - customer pilah-pilih sendiri produknya.
    - bayar via payment gateway.
    - rekap2 via email.

    keren nih klinik.

    Btw saya masih takut keluar2 karena corona, termasuk test lab. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya saya takut juga sih, cuma karena memang harus cek lab makanya pilih ke lab swasta aja deh yang sepi dan lebih terkontrol. Resikonya biaya jadi lebih mahal. Tapi untungnya lab ini udah bisa registrasi dan order online jadi nggak perlu berlama-lama di lokasi lab.

      Hapus
  2. Kliniknya sdh memanfaatkan teknologi digital ya untuk layanannya jadi dimasa pandemi spti ini menolong banget untuk bumil karena jadi lebih nyaman terlindungi

    BalasHapus
  3. Dulu waktu kerja di daerah Senen sering lewatin ini kak jauh Juga ceknya kak dr Depok ke Gunung Sahari,,, praktis sekarang bisa daftar online sehat2 Bumil ya lancar2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm, lab kliniknya ada di Depok kok. Memang namanya lab klinik Gunung Sahari tapi cabangnya banyak. Malah yang cabang depok ini lokasinya deket banget sama rumah, cuma 5 menit aja naik motor.

      Hapus
  4. oalah jadi tau kalo bumil ternyata boleh ceklab... btw kliniknya di depok mananya ini

    BalasHapus
  5. Wah asyik nih lab-nya
    Lengkap banget ya dan kelihatan pelayanannya juga bagus
    Selain buat kehamilan, melayani cek kesehatan lainnya juga khan ya?

    BalasHapus
  6. Wah jauh banget ya biaya test lab puskesmas dan klinik swasta

    Iyalah,mereka kan harus full membiayai operasional kerja ya?

    Sebagai imbalan, konsumen mendapat layanan primA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu iya jauh banget. Tapi ya pasti ada harga ada kualitas. Mungkin kalau di puskesmas kan didanai pemerintah, sedangkan swasta mereka harus pakai alat sendiri. Enaknya sih ya hasilnya cepat diterima dalam hitungan jam.

      Hapus
  7. Praktis banget bisa cek harga dulu secara online, soalnya kadang mau check laboratorium suka deg-degan, suka ada yang mahal kan. kalau ini kita bisa lihat dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, ini juga yang saya rasakan kalau cek lab. Takut shock pas lihat tagihannya.

      Hapus
  8. Wah baru tahuu ada klinik ini.

    Barakallah Mbak. Semoga lancar ya persalinannya nanti. Sehat ibu dan bayinya.

    BalasHapus
  9. Penting banget nih utk aku info in ke temen2 ku yang lg mengandung. Biar bayi dan bunda nya sama2 sehat. Apalagi gak perlu worry sama harga, karena bisa cek dulu by online ;) thanks buat infonya yah mba ;)

    BalasHapus
  10. Kalau sdh kaitannya dg janin, rasanya musti ekstra hati hati ya kak. Cek lab sangat penting, memastikan janin dalam kondisi sehat.

    BalasHapus
  11. Semakin praktis yaah kak sekarang bisa dicek di webnya dulu terus kita tau deh biaya yang dikeluarkan. Ohiya ternyata petugasnya pun bisa datang ke rumah yah. Luar biasa!

    BalasHapus
  12. Waktu hamil saya juga banyak khawatir dan baru tau ada cek lab gini, bagus dan murah ya semoga semuanya sehat selalu ya

    BalasHapus
  13. Masya Allah bener-bener ya udah serba canggih sekarang ini, tes lab kehamilan bisa via onlina dan bahkan home service,kereeen. Penting banget untuk kesehatan Bumil dan Debay di perut. Sehat² selalu ya Mbaaaa, kiss kiss :*

    BalasHapus
  14. Kalau harganya murah terjangkau rakyat jelata aku dukung banget. Si Ibu hamil tentu ingin mengetahui kondisi janinnya apakah di dalam sana baik-baik saja.

    BalasHapus
  15. kslo RS serba digital gini enak yaaa... praktis dan nggak makan waktu lama.. bumil juga efisien waktunya di RS.. apalagi jaman pandemi gini.. bikin was was kalo lama lama di RS

    BalasHapus
  16. Praktis sekarang ya, hasil pemeriksaan lab sudah dikirimkan by email. Aku terakhir hamil 11 tahun yang lalu. Rutin periksa lab karena anak pertamaku lahir 13 hari meninggal. Jadi anak kedua dan ketiga lebih hati-hati ceritanya.
    Semoga sehat selalu sampai nanti ya bumil dan debay

    BalasHapus
  17. Wah, keren! Aku baru tahu bisa begini sistem lab-nya. Lumayan bisa cek-cek harga dulu biar gak surprise hehehe.. Aku juga waktu hamil kudu wajib mesti cek lab untuk persiapan lahiran. Dari usia kehamilan 6-7 bulan udah cek lab, Hb harus terpantau supaya saat lahiran gak pendarahan.

    BalasHapus
  18. Wah keren kliniknya ya....emang sih pas pandemi gini mending ke klinik aja. Malah ngeri ke Puskesmas, padahal biaya cek lab jauh lebih murah.

    BalasHapus