Cara menyusun weekly meal plan, menu masakan keluarga satu minggu

Siapa nih yang tiap hari pusing mikirin mau masak apa? Tos! Berarti kita samaan. Tapi sekarang saya sudah jarang pusing soal menu masakan dengan menyusun weekly meal plan.

cara menyusun weekly meal plan keluarga mudah

Masak apa ya?

Meskipun punya kesibukan seabrek, saya selalu berusaha masak untuk keluarga. Ada 3 alasan utama kenapa saya masak untuk orang rumah: pertama paksu emang nggak doyan jajan, ada ayah mertua yang harus dijaga pola makannya, dan biar irit.

Sesekali kami jajan atau beli makan di luar, entah itu paksu yang beli atau saya pesan makanan online. Biasanya ini kami lakukan di hari Jumat dan Sabtu (soalnya di dua hari itu saya mengajar offline di TBI Depok, jadi kadang suka gak keburu masak).

Biarpun jajan cuma sesekali, ternyata ngefek banget ke keuangan keluarga. Misalnya saja nih, kami beli nasi padang 5 bungkus, totalnya sekitar 60 ribu lebih (ini sudah pakai strategi cari yang lagi diskon dan ada promo pembayaran). Ini biaya yang dikeluarkan untuk sekali makan ya, bukan untuk satu hari. Kebayang dong borosnya kalau kami jajan lagi untuk makan malam.

Eits, bukannya saya pelit ya. Tetapi sebagai Manajer Rumah Tangga yang mengurusi keuangan, saya harus pintar mengatur uang yang ada biar cukup sampai akhir bulan. Belum lagi saya harus memutar otak agar kebutuhan gizi keluarga terpenuhi.

Tetapi nih buibu dan pakbapak, saya tuh tiap hari selalu galau perkara menu makanan. Untung saja kang sayur langganan saya sabar banget menghadapi kegalauan dan plin-plannya saya kalau pesan bahan makanan.

rencana memasak bisa gagal karena kurang perencanaan
Rencana masak ayam jadi berubah total karena bahannya tidak ada. 

Karena tidak direncanakan dengan matang, terkadang saya mau masak menu A eh gagal karena kang sayur nggak punya bahannya atau bahannya keburu disamber pelanggan lain. Kalau sudah begini tambah mumet lah saya mikirin mau masak apa. Plus saya kejar-kejaran dengan waktu juga karena kalau saya telat masak, bisa ambyar semua jadwal harian saya. Ya kurang lebih rasanya seperti ikutan kompetisi Master Chef.

Biasanya kang sayur sudah paham nih dan langsung kasih list bahan apa saja yang masih tersedia lewat pesan WhatsApp.

Bikin meal plan mingguan biar masak bebas galau

Tahun ini saya nggak mau lagi drama setiap kali masak. Jadi, salah satu resolusi saya di tahun 2023 ini adalah membuat rencana menu masakan sehari-hari untuk satu minggu.

Kenapa satu minggu? Soalnya saya masih pemula untuk urusan meal planning. Bagi para buibu yang sudah terbiasa dan expert, mungkin bisa bikin meal planning langsung untuk sebulan. Selain itu, saya juga nggak nyesek kalau misalnya tiba-tiba meal plan terpaksa harus diubah karena satu dan lain hal.

Cara membuat Rencana menu makanan keluarga 1 minggu

Sebetulnya banyak sekali artikel yang membahas cara menyusun menu keluarga. Saya pun banyak belajar dari informasi yang didapatkan di internet dan memodifikasi sesuai kebutuhan keluarga saya di rumah.

Dalam menyusun weekly meal plan atau menu masakan keluarga untuk satu minggu, berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan:

1. Menuliskan semua menu makanan favorit keluarga

Saya membuat daftar menu masakan yang sering saya buat dan yang disukai keluarga. Pokoknya tulis saja semuanya, mulai dari menu lauk pauk, sayur, sampai cemilan.

Daftar ini saya tulis berdasarkan kategori: sayur, lauk, cemilan. Biar cakep dan estetik, saya menuliskan daftar ini di jurnal. Apabila saya dapat ide menu yang menarik untuk dicoba, saya akan tuliskan di daftar ‘must try recipes’. Kalau menu tersebut disukai keluarga, terutama anak-anak, saya akan tuliskan di daftar menu utama.

2. Menyusun menu masakan untuk satu minggu di meal planner

Dari daftar menu masakan tersebut, saya kemudian coba susun menu makanan lengkap untuk satu hari. Saat menyusun, sebisa mungkin kombinasi menu masakannya seimbang, lengkap protein hewani, nabati, sayur dan buah. Saya juga berusaha agar menunya bervariasi sehingga orang rumah tidak bosan.

3. Menuliskan rencana masakan seminggu di weekly meal planner

Karena saya orangnya visual, jadi penting banget ada visual yang bisa saya lihat untuk rencana menu masakan rumah satu minggu. Bermodalkan Canva, saya bikin desain meal planner sederhana. Desain ini kemudian saya cetak di Buring Printing (ini tempat langganan saya kalau urusan bikin flashcard atau board game) dengan ukuran A3 dan dilaminasi agar bisa saya coret-coret dengan spidol papan tulis.

weekly meal plan keluarga untuk seminggu
Weekly meal plan yang saya susun untuk minggu ini.

Bagian belakang meal planner board saya beri stiker magnet agar board bisa ditempel di kulkas. Dengan begini, saya bisa melihat dengan jelas rencana menu makanan. Anggota keluarga juga bisa lihat apa saja yang akan saya masak pada minggu tersebut.

Biasanya kalau ada yang kurang sesuai sama mereka atau request pengen makan sesuatu, mereka bisa langsung bilang dan saya langsung ubah.

4. Menyiapkan bahan makanan (meal preparation)

Langkah terakhir adalah meal preparation untuk satu minggu. Dari menu yang telah disusun, saya mengirimkan daftar bahan makanan yang saya butuhkan selama satu minggu ke Kang sayur langganan. Nanti kang sayur akan kirimkan semua bahannya ke rumah untuk saya bersihkan dan siapkan. 

Oya, saya biasanya pesan ke kang sayur di hari Sabtu/Minggu jadi saya punya waktu untuk meal prep bahan makanan seminggu. 

Saya masih pemula soal meal prep, jadi masih trial and error untuk penyimpanan bahan makanan yang efektif dan awet. Tetapi alhamdulillah sejauh ini bahan makanan yang sudah disiapkan aman sentosa sampai waktunya diolah.

Membuat weekly meal plan, apakah efektif?

Saya mulai menjalankan weekly meal plan ini di bulan Desember 2022 dan alhamdulilah sampai sekarang saya berhasil konsisten menyusun menu makan mingguan untuk keluarga.

Yang namanya memulai sesuatu tentu sulit dan banyak tantangannya. Saya pun mengalami ini ketika pertama membuat weekly meal plan. Mulai dari perkara kelupaan kirim pesan Whatsapp ke kang sayur sampai melawan rasa malas untuk memasak.

Tetapi setelah rutin membuat weekly meal plan dan meal prep, ternyata saya bisa menghemat waktu memasak setiap hari. Selain itu, pengeluaran jajan pun berkurang karena saya juga buat cemilan sendiri untuk keluarga (meskipun kadang ya jajan juga sih, tapi tidak sesering dulu).

Bahkan di hari saya dijadwalkan mengajar di kantor pun, saya masih sempat memasak untuk keluarga. Padahal sebelumnya mah saya pakai jalan ninja pesan makanan lewat aplikasi.

Jadi apakah membuat rencana menu masakan seminggu untuk keluarga efektif? IYA BANGET!

***

Segitu dulu ya cerita tentang weekly meal plan Keluarga Aditya. Di tulisan berikutnya mungkin saya akan spill beberapa menu andalan yang disukai semua anggota keluarga (termasuk adik Syafiq) dan gampang buatnya.

Apakah teman-teman juga membuat weekly meal plan untuk keluarga? Boleh dong berbagi tips meal prep-nya.


12 komentar

  1. Efektif kok memang mba. Waktu asisten ku yg tugasnya masak masih ada, aku selalu bikin menu mingguan. Trus belanja di aplikasi pasar, biasanya aku pakai titipku atau sayurbox. Nah, si mbak tinggal food prep semuanya, dan masak sesuai menu yg aku tulis.

    Menu2 itu aku cari juga dari cookpad, yummy atau akun2 masak di IG. Kalo rasanya sukses dan enak, langsung aku jadiin resep yg bisa direpeat. Kalo ga enak, bhaaay langsung 🤣

    Cuma aku biasanya menu siang dan malam sama. Biar ga ribet 😄.

    Cuma skr ini aku lagi stop bikin menu mingguan. Asisten resign, dan blm dpt ganti. Jadinya utk urusan masak, katering dulu Ama tetangga 🤣

    BalasHapus
  2. weyyy dapat inspirasi menu, banyak menu yang belum ku coba dari meal prep-mu, mbak.

    aku kadang buat meal plan gini. Coba buat seminggu kok masih ga konsisten, jadi sekarang buat per 3 hari aja. Memang memudahkan, ga nge-blank mau masak apa. Yah kalau jajan kadang tetep beli sih, helping the economy :))

    BalasHapus
  3. Nah ini, kalau komentar soal menu, langsung gagap akutu.
    Hahaha.

    Sejak Yasmin kuliah, praktis aku sendiri di rumah.
    Biasanya aku titip aplikasi, warung dan kadang makan buah atau roti saja untuk makan siang. Hahaha.

    ... dan malam, aku ulang lagi, buah dan roti. Hihihi.

    Kalau pengen kencan makan malam biasanya kami sudah bicarakan sejak sarapan, " ... ntar makan malam di mana?"

    Aku percaya, si Mba, pasti sudah khatam lah soal cara menyusun weekly meal plan keluarga dan meal prep. ini.

    BalasHapus
  4. wah ini inspiring banget, kebetulan memang lagi angan-angan mau nyusun meal plan juga.. saya suka di bagian printing nya, kemudian di laminasi.. jd bisa tulis -hapus, hemm.. kenapa ngga kepikiran yah... itulah gunanya blogwalking, iqra.... makacii mba... segera eksekusi bikin mealplan juga..

    BalasHapus
  5. aku nggak pakai meal plan, mbak. apa yang ada di kulkas itu yang dimasak. kadang suka bosan sih sebenarnya karena menu masakanku itu-itu aja soalnya nggak jago-jago amat masaknya. he

    BalasHapus
  6. Mantap mba salut aku. Aq sejak art yg bagian masak off. Skrg lbh byk katering tetangga/kenalan/beli lauk jadi. Anak2 juga makan ga terlalu byk soalnya. Tp sesekali masak. Weekend malah sering masak karena syami libur jadi makan di rumah

    BalasHapus
  7. iyaa, bikin weekly meal plan gini berguna banget buat aku yang suka bingung mau masak apa. pagi-pagi juga lebih sat set sat set untuk bikin bekal anak.
    tapi aku gak pakai meal preparationnya, ahaha.

    berhubung rumah deket banget sama pasar, jadi tiap hari belanja, tapi sekalian belanja untuk besoknya biasanya, supaya sarapan bisa langsung masak yang udah dijadwalkan.

    BalasHapus
  8. Uhuy.. dr semua step ini keknya cm yg terakhir yg aku lakukan.prok prok..wkwk. Dulu waktu awal jd IRT rajin nyatet menu. Seiring berjalan waktu kadang anak n suami selera makannya kesana-kemari jd yg penting siapkan aja bahan makanan. Kalo pengen masak tinggal disiapka .

    BalasHapus
  9. Sy kalau lagi rajin bikin plan , kalau nggak seadanya di warung sayur heuheu

    BalasHapus
  10. Menyusun menu mingguan menjadi salah satu tanda ibunya punya kemampuan manajerial yang baik. Apa-apa harus direncanakan sebelumnya. Perlu ya demikian, kalau beli terus memang bisa bolong kantong :D

    BalasHapus
  11. Aku dulu sering bikin meal plan sekaligus food prep gini. Jujurly, masak jadi lebih rapi, terstruktur, satset, irit budget pengeluaran. Tapi akhir-akhir ini suka malas soale selain bosan menunya jadinya itu-itu muluk juga anggota keluarga yang ditanyain jawabannya ¨terserah¨ muluk. Jadi aku lagi yang kudu mikirin. Spill nyari inspirasi menu makanannya biasanya dimana aja donk mba?

    BalasHapus
  12. Wah menarik sekali menunya tersusun dengan rapi sedangkan aku kadang tergantung dengan isi kulkas aja tapi kalau lagi rajin seperti bulan Ramadan aku bisa rapi seperti ini hehehe

    BalasHapus