Koleksi Card Games dan Board Games, Bermain Sambil Belajar

Apa hobi teman-teman? Saya punya beberapa hobi, salah satunya adalah mengumpulkan kartu dan permainan papan. Mau tahu apa saja yang saya punya? Ini dia koleksi card games dan board games saya!

koleksi card game dan board game bermain dan belajar seru asyik


Bicara soal koleksi, dari kecil orang tua saya mengenalkan saya untuk mengoleksi barang yang saya suka. Mulai dari koleksi buku cerita, perangko, kartu telepon, mainan Happy Meal dari McDonald's, sampai kartu pemain basket pun pernah saya koleksi.

Sayangnya karena saya masih muda (ciee masih muda), kegiatan mengoleksi ini dikerjakan setengah hati. Padahal kalau kegiatan ini bisa mendatangkan cuan apabila dilakukan secara serius. Hampir seluruh benda yang saya koleksi dulu sudah hilang, dihibahkan, atau diminta sama saudara dan tetangga.

Ketika saya mulai bekerja, saya nggak pernah kepikiran untuk mengoleksi barang karena faktor kesibukan. Tetapi tanpa disadari, saya sedikit demi sedikit mengumpulkan kartu dan papan permainan alias board game dan card game.

Awalnya kartu dan papan permainan (card game dan board game) ini saya beli karena saya sering main bareng saudara, contohnya seperti Scrabble. Ternyata, banyak card games dan board games yang bisa dipakai sebagai media pembelajaran di kelas saat mengajar Bahasa Inggris.

Koleksi Card Games dan Board Games yang saya miliki

Berawal dari situ, saya mulai membeli beberapa card game terbaru yang seru untuk dimainkan bersama murid-murid di kelas. Dan ini dia beberapa koleksi card game dan board game yang saya punya! Biar nggak pusing, saya tulis berdasarkan kategori permainannya.

Word games

Sesuai dengan namanya, word games adalah permainan yang berkaitan dengan kata. Entah itu membentuk kata atau menebak kata. Sebagai pengajar Bahasa Inggris, word game sangat membantu saya agar murid-murid semangat belajar. Selain untuk membantu menambah perbendaharaan kosakata, word game juga jadi solusi ketika murid-murid lagi ngadat nggak mau belajar. Biasanya ini terjadi kalau mereka lagi suntuk setelah ujian sekolah atau ketika mendekati liburan.

word games permainan kata scrabble boggle

Word games yang saya punya: 
  • Scrabble
  • Scrabble Trickster
  • Scrabble Card game
  • Boggle Slam card games
  • Boggle Shake and Twist
  • Word It Up
  • Word Speed

Strategy Games

Berbeda dengan word games, strategy games ini mengandalkan kemampuan pemainnya dalam menyusun strategi untuk bisa memenangkan permainan. Jadi tidak bisa sembarangan mengambil langkah. Permainan yang mengandalkan strategi ini menurut saya seru karena kadang pemain yang diprediksi akan kalah malah keluar jadi pemenang. 

strategy game coup dan sleeping queens
strategy game permainan strategi mengasah otak untuk berpikir cluedo the game of life saboteur sushi go

Beberapa strategy card games dan board games yang saya miliki adalah:
  • Saboteur
  • The Game of Life
  • Coup
  • Connect 4
  • Cluedo Suspect
  • Monopoly Deal
  • Sushi Go!

permainan mirip dengan monopoli whos the richest


Action/Dexterity Games

Permainan yang masuk kategori ini adalah permainan yang mengandalkan kecepatan fisik dan ketangkasan para pemainnya. Intinya sih kalau kita geraknya lambat ya kemungkinan besar akan kalah.

Action/dexterity games ini biasanya permainan yang rusuh alias rame. Kenapa saya bilang rusuh? Karena pemain saling berebut dan dulu-duluan. Belum lagi kalau yang suka latah pasti heboh sendiri sampai jerit-jerit. Ini juga yang menjadi alasan saya kenapa kebanyakan games saya masuk dalam kategori ini. 

action game permainan yang mengandalkan ketangkasan wanted pictionary pictureka wanted

Beberapa action/dexterity games yang saya punya adalah:
  • Cockroach Salad
  • Cockroach Soup
  • Wanted!
  • Pandamonium,
  • Pictureka
  • Sleeping Queen
  • Spot it!

Party Game

Kategori game berikutnya adalah party game. Kenapa disebut party game? Karena permainan ini memang sering dimainkan saat acara kumpul keluarga atau ketika sedang hang out bareng teman-teman. Beberapa party game juga bisa dimasukkan dalam kategori action games karena melibatkan gerak fisik. Yang menarik dari party game adalah bisa bikin suasana jadi meriah. saya pribadi sebetulnya tidak terlalu suka party game karena kebanyakan permainan tidak bisa disisipi pelajaran bahasa Inggris (beda dengan word game).

party game bounce ball permainan ketangkasan seru asyik

party game cocok dimainkan beramai-ramai seperti 5 second rule ellen degeneres

Berikut ini adalah party game yang saya miliki: 
  • Bounce Off: permainan ketangkasan melempar bola sesuai pola, 
  • Watcha Mouth: ini permainan menebak kata/frase tetapi si pemain harus menggunakan mouthpiece, 
  • Finger Twister: kalau ini cuma pakai jari aja (tidak ada di foto), 
  • 5 Second Rule: menyebutkan 3 hal dalam waktu 5 detik saja.

koleksi kartu uno untuk bermain bersama keluarga


Beli permainan papan original atau KW? 

Ternyata kalau dikumpulkan, card games dan board game yang saya miliki cukup banyak juga. Hehehe. Oya, beberapa card games dan board games yang saya miliki adalah versi KW ya. Emang kenapa sih nggak beli yang asli alias original? M-A-H-A-L PAKE BANGET! Beneran nggak bohong, satu board game asli harganya bisa melebihi harga tagihan listrik bulanan saya. 

Tetapi saya juga punya kok beberapa yang versi original-nya. Biasanya sih untuk versi original ini saya mendapatkannya di toko mainan dan departement store dan nunggu diskon.

Lalu apakah saya akan berhenti membeli permainan baru? Oh tentu saja tidak dong. saya masih punya daftar beberapa kartu dan papan permainan yang saya incar dan harganya pun tidak murah. Nanti kapan-kapan saya akan tulis wishlist-nya di postingan tersendiri.

***  

Bagaimana nih dengan teman-teman? Apakah kalian juga suka main card games dan board games? Adakah permainan yang pernah kalian coba? Kalau misalnya ada kesempatan kita bisa ketemuan dan kumpul bareng, kira-kira permainan apa yang ingin teman-teman coba? Share di kolom komentar yaa!

Thanks for reading!

14 komentar

  1. UNO nih paling sering kami mainkan bahkan sudah beli kedua kali karena udah remuk kertasnya saking seringnya dimainkan oleh banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau biar awet, bisa dipakaikan sleeve untuk pelindung kartunya mbak. Jadi kartunya nggak lecek dan ketekuk. Cuma kalau UNO sih banyak kw-nya ya dan murah juga. Aku pernah beli harga 8 ribu dan langsung beli banyak buat stok. Hahahaha. Lebih mahal sleeves-nya daripada kartu uno kw.

      Hapus
  2. Aaaw aku kudeeettttt!
    Abis baca ini menjura sama Tya deh, baru tahu ada kategorinya juga ya board games dan bahkan menantang seperti dexteriority games itu!

    Serius ya anak anak sampe jejeritan mainnya? OMG kami main UNO aja rasanya ga pengen udahan loh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriusan mbaak. Seru banget lho itu. Jangankan yang anak-anak, yang orang dewasa aja bisa heboh banget kalau udah main action/dexterity game. Bisa cek di youtube gimana cara mainnya.

      Hapus
  3. Aku sekeluarga suka yang board games mba. Tapi satu sisi memakan waktu lebih lama dan disarankan untuk usia di atas 13 tahun. Main kartu Uno itu yang paling menyenangkan dan praktis juga

    BalasHapus
  4. Mainan seperti ini beli dimana ya? Saya kudet sama beginian nih. Dulu paling saat kecil saya mainnya kartu gaplek, tapi itu nggak diterusin lagi.

    Memang asyik juga sih ini buat tambahan hiburan keluarga di rumah, kalau lagi mager kemana-mana. Main kartu juga menyenangkan ya, kapan-kapan mau cari ah buat main sama keluarga.

    BalasHapus
  5. bisa jadi ide bounding bareng anak nih ya mom, kadang dirumah kebanyakan main gadget anak anak mau main apa jg bingung yang bisa dimainin bareng.
    makasih infonya mom

    BalasHapus
  6. iya board games banyak yang mahal. Suka gregetan ma harganya hahaha. Padahal saya seneng dengan permainannya. Suka seru kalau lagi kumpul keluarga

    BalasHapus
  7. seru nih game nya , pas buat membuang waktu weekend kalau pas lagi gabut di rumah ya

    BalasHapus
  8. Main pakaipapan original itu puas ya .... bahannya mantap, berasa banget mainnya. Kalau pakai papan kw kurang greget tapi ya ... harganya memang muihil hehe.

    BalasHapus
  9. Yaampun aku baru tau ternyata card games dan board games sebanyak ini macamnya, haha. Aku cuma tau jenga sama monopoli dan kawan-kawannya aja nih selama ini.

    BalasHapus
  10. Suka, Word Games, Scarble!

    Iyes. Once again, Word Games, aku suka banget!
    Lupa aku kapan memainkannya pertama kali.
    Sepertinya saat aku SD, deh,
    Tapi dulu masih di tanah dan pakai lidi.
    Hihihi.

    Pasti seru nih kalau pas ketemu, aku mau coba lagi nih si Word Games, Scrable!
    Hmmm... apa lagi ya?
    Wait,,,,
    Perhaps Party Games, 5 Second Rule!
    Never plat iy previously.
    I bet, it's gonna funtastic!

    Last but not least,
    Dari semua koleksi card games dan board games di atas, yang mana nih favorit keluarga Aditya?

    BalasHapus
  11. Card games ini cocok banget untuk bermain anak-anak ya mbak. Selain itu juga orang tua bisa banget mendampingi anak bermain. Jadi akhir pekan gak bosan dengan keggiatan monoton

    BalasHapus
  12. Jujur aku banyak ga tau permainan di atas kec scrabble. Itu juga jrg main. Mungkin Krn dulu papa ngebiasainnya baca buku, terserah beli buku apa aja tiap bulan, jadinya aku memang kurang tau permainan kayak word games ini mba. Mentok2 nya yg khas Indonesia banget, ular tangga, Ludo , halma wkwkwkwkwkwk.

    Eh tapi sempet Bbrp waktu lalu suami beli games Find It Out. Dan seru juga maininnya. Anak2 seneng, tapi ya itu, aku cepet bosen sih Yaa. Baru Bbrp kali main, akhirnya bosen sendiri, dan tiap diajak anak2 main pagi, jadi ga pengen 🤣🤣.

    Tapi Bbrp permainana di atas kayaknya menarik sih. Trutama yg dexterity 😄. Aku suka rusuh2 gitu hahahaha

    BalasHapus