Aktivitas Seru untuk Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia

 Bulan Agustus identik dengan kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Beragam kegiatan diselenggarakan untuk merayakan 17 Agustus. Bagaimana keluarga kami merayakannya? Berikut adalah beberapa aktivitas seru bersama anak yang bisa dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan.

aktivitas seru untuk anak dalam rangka hari kemerdekaan indonesia

Agustus, bulan yang spesial bagi saya dan pak suami

Bulan Agustus adalah salah satu bulan yang spesial bagi keluarga kami. Eh, lebih tepatnya sih spesial untuk saya dan pak suami karena kami berdua adalah mantan Paskibraka. Pak suami dulu adalah Paskibraka Nasional tahun 1998 dengan bapak Presiden BJ Habibie. Sedangkan saya sendiri adalah Paskibraka Kota Depok tahun 2000. Jadi bisa dibilang di bulan ini jiwa nasionalisme kami auto naik. Hahaha.

Meskipun kami berdua tidak aktif dalam organisasi PPI (Purna Paskibraka Indonesia), saya dan pak suami selalu berusaha menanamkan rasa cinta tanah air. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak-anak. Bukan dengan cara digembleng secara fisik dan mental seperti kami dulu waktu masa pelatihan.

pengalaman menjadi paskibraka nasional dan paskibraka daerah
Menjadi Paskibraka menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

 
Bonus video pak suami waktu pengukuhan di Istana Merdeka. Wajahnya polos sekali ya 😁

Kenapa harus cinta tanah air?

Sebagai warga negara yang dilahirkan, dibesarkan, dan mencari penghidupan di negeri ini, tentu saja kita harus mencintai tanah air ini. Menanamkan rasa cinta tanah air juga menjadi salah satu bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila. Dengan adanya rasa cinta tanah air, kita akan memiliki rasa peduli terhadap apa yang terjadi pada negara. Selain itu, kita juga akan menghargai dan berusaha menjaga warisan budaya dan lingkungan.

Untuk itu, sangat penting menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak sejak dini karena merekalah yang nanti akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia.

menanamkan rasa cinta tanah air pada anak sejak kecil

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak. Berikut adalah beberapa cara menanamkan kecintaan akan tanah air pada anak:

  • Mengunjungi beberapa museum sejarah Indonesia.
  • Mengenalkan berbagai macam kebudayaan daerah seperti makanan khas daerah, tarian, lagu daerah, dan rumah adat.
  • Mengenalkan pahlawan-pahlawan Indonesia yang telah berjasa.
  • Mengikuti momen perayaan kenegaraan seperti Hari Sumpah Pemuda, Hari Kesaktian Pancasila, dan Hari Kemerdekaan RI.

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan melakukan aktivitas seru bersama anak

Nah sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Ini adalah saat yang tepat untuk mengajak anak-anak mengenal negara sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa orang tua lakukan bersama anak dalam rangka menyambut HUT RI.

Membaca sejarah kemerdekaan Indonesia

Saya beruntung memiliki seorang guru sejarah yang pandai bercerita ketika di bangku SMP. Beliau dengan lihai menceritakan kisah perjuangan para pahlawan hingga kami merasa ikut merasakan perjuangan mereka.

Orang tua juga bisa membacakan sejarah kemerdekaan Indonesia seperti saat pembacaan teks Proklamasi. Anak-anak juga bisa diajak interaktif membaca teks proklamasi.

Belajar cara melipat bendera

Salah satu skill yang saya dan pak suami pelajari sebagai seorang Paskibraka adalah melipat bendera pusaka. Yup, melipat bendera itu tidak boleh sembarangan lho! Ada aturannya. Kalau sampai salah melipat wah bisa-bisa pengibaran gagal total karena bendera terpelintir atau yang paling parah bendera terpasang terbalik. Alhamdulillah ini tidak terjadi pada saat kami melakukan pengibaran.

Itulah kenapa Pasukan 8, terutama pengerek bendera selalu yang mendapat sorotan saat melakukan pengibaran. Karena memang seberat itu beban yang mereka pikul.

Meskipun anak-anak kami belum ada yang menunjukkan minat untuk mengikuti jejak orang tuanya, tidak ada salahnya mengajarkan cara melipat bendera yang benar. Orang tua juga bisa menceritakan sejarah bendera merah putih kepada anak-anak.

Mengibarkan bendera

Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh seluruh warga negara. Jadikan ini sebagai momen bagi orang tua untuk mengajak anak mengibarkan bendera di lingkungan rumah.

Mengikuti berbagai lomba 17 Agustus

Salah satu momen berkesan di Hari Kemerdekaan RI tentu saja berbagai lomba yang diadakan, baik itu di sekolah, lingkungan rumah, sampai tempat kerja.

Waktu saya dan adik-adik masih SD, ibu saya selalu mengajak dan menyemangati kami untuk ikut berbagai lomba, baik lomba di sekolah maupun di kompleks. Mulai dari lomba balap karung, lomba sepeda hias, lomba makan kerupuk, lomba memindahkan kelereng, sampai lomba karnaval pakaian daerah kami ikuti. Menang atau kalah bukan masalah karena kegembiraan saat mengikuti lomba itu yang lebih penting.

Mengajak anak untuk berpartisipasi dalam lomba 17 Agustus bisa jadi aktivitas seru untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air
Mas Deniz dan Zinan berpartisipasi dalam lomba sepeda hias.

Mengajak anak untuk berpartisipasi dalam lomba HUT RI juga bisa menjadi aktivitas seru, apalagi jika orang tua mendukung dan menyemangati anak. Banyak nilai-nilai yang bisa dipelajari dari mengikuti lomba seperti kejujuran, pantang menyerah, dan sportif.

Lomba Hari Kemerdekaan Indonesia Bersama Twinkl

Penyedia bahan ajar Twinkl menyelenggarakan berbagai lomba dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia lho. Ada berbagai lomba yang bisa diikuti anak-anak, yaitu:

  • Lomba mewarnai
  • Lomba membacakan teks Proklamasi
  • Lomba menggambar hari kemerdekaan 17 Agustus
  • Lomba menyanyi lagu ‘Berkibarlah Bendera Negeriku”.

3 orang pemenang akan mendapatkan Sertifikat Twinkl dan berlangganan Twinkl Premium Gratis selama 6 bulan.

Sedangkan 10 peserta lomba yang beruntung akan mendapatkan voucher diskon 77% yang nilainya setara dengan Rp. 822,360,- . Voucher ini bisa digunakan untuk berlangganan Twinkl Premium selama 1 tahun.




Caranya mudah lho. Teman-teman tinggal pilih lomba yang ingin diikuti lalu unggah foto/video hasil karya ke IG Twinkl @twinkl.indonesia atau Facebook Twinkl: twinkl.indonesia. Jangan lupa cantumkan nama, usia, dan kelas ya. Hasil karya paling lambat diterima tanggal 15 Agustus 2022. Untuk info lebih lengkap bisa langsung berkunjung ke Twinkl Indonesia ya. 

***

Dengan mengikuti berbagai aktivitas seru dalam rangka HUT RI, rasa cinta tanah air bisa semakin tumbuh dan memupuk rasa nasionalisme anak. Tidak hanya itu saja, momen ini bisa mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Kira-kira sahabat Keluarga Aditya mau ikutan lomba yang mana nih?

Salam merdeka!

8 komentar

  1. Merayakan agustusan tahun 2022 ini super meriah dengan perlombaan di sekolah anak dan kompleks. Anak-anak juga jadi happy dan ada rasa ingin tahu yang lebih besar. Apalagi anakku masih TK jadi sekalian belajar untuk mencintai tanah air.

    BalasHapus
  2. Mau ikutan lomba makan bakso ada ngga mbak?

    Ish kalian berdua pasangan super nih, berprestasi! Tentunya jadi mantan Paskibra banyak kemudahan yang didapat juga ya karena portofolionya sudah menunjang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada sih aku daftar jadi peserta lomba nomor satu mbak. Hahahaha. Aku doyan bakso soalnya.

      Kemudahan alhamdulillah ada mbak. Cuma karena kami berdua tidak aktif di PPI jadinya mungkin nggak se-wow mereka yang aktif di PPI.

      Hapus
  3. Wuih pas banget baca ini setelah kemarin 17-an. Jadi kangen ya waktu kecil ikut panjat pinang hahaha.. eh liat aja sih, ikut balap karung dulu sama makan kerupuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama kak, dulu juga kalau ada panjat pinang cuma ikut nyorakin aja. Paling ikutan lomba makan kerupuk, lomba kelereng, sama lomba balap karung. Sayangnya sekarang di area saya sudah tidak ada lagi lomba panjat pinang. Padahal seru ya.

      Hapus
  4. Alhamdulillah tahun ini kita sudah lumayan bebas merayakan kemerdekaan dengan berbagai kegiatan ya setelah dua tahun dipalanda pandemi. Saya paling suka lomba bawa kelereng, makan kerupuk sama lari karung Mba. Seruu banget tahun ini, lebih meriah :)

    BalasHapus
  5. Keren sekali, jodoh nya bagus ya..sama2 paskibraka jadi sejalan gitu.
    Menumbuhkan rasa cinta tanah air memang lebih baik ditanamkan sejak dini, apalagi pas bgt belum lama ini moment hari raya kemerdekaan bisa mengarahkan anak utk berpartisipasu pada segala aktivitas dlm mengisi dan memeriahkan hari kemerdekaan

    BalasHapus
  6. Wih keren nih, pasangan PPI
    Setiap 17 Agustus selalu excited nonton upacara bendera di Istana negara, salah satunya ya karena selalu suka lihat Paskibraka. Cukup mengagumi dari jauh, mau jadi anggota Paski gak mungkin soalnya, maklum tingginya semampai hahaha

    Banyak aktivitas seru di bulan Agustus
    Semuanya pasti menyenangkan untuk anak-anak ya
    Tetap semangaaat

    BalasHapus