Aktivitas Anak Seru untuk Rayakan Earth Day Hari Bumi Sedunia

Halo Sahabat Keluarga Aditya! Mohon maaf karena kami sekeluarga sedang sibuk sehingga belum sempat update tulisan terbaru di blog ini. Nah kali ini saya mau berbagi cerita tentang beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak-anak dalam rangka merayakan Hari Bumi Sedunia.

aktivitas anak seru untuk rayakan hari bumi earth day twinkl indonesia

Hari Bumi Sedunia dan kecintaan terhadap lingkungan


Hari Bumi Sedunia atau Earth Day diperingati setiap tanggal 22 April. Earth Day pertama kali dirayakan pada tanggal 22 April 1970 atas gagasan John McConnell pada Konferensi UNESCO 1969.

Meskipun bukan termasuk hari libur nasional, saya dan keluarga selalu berusaha meluangkan waktu untuk merayakannya. Mulai dari hal kecil seperti menggunakan clodi untuk mengurangi sampah pospak sampai berpartisipasi dalam Earth Hour.

Kecintaan saya terhadap lingkungan dan bumi muncul saat saya kuliah di jurusan Biologi Eksakta. Sebagian besar mata kuliah yang saya pelajari memang sangat erat dengan alam, seperti Limnologi (Ilmu tentang Perairan Darat) dan Ekologi. Mata kuliah lainnya seperti Struktur Morfologi Anatomi Tumbuhan dan Hewan dan Mikrobiologi membuat saya menyadari bahwa semua yang ada di bumi ini luar biasa! MasyaAllah.

Walaupun pada akhirnya karir yang saya jalani tidak berkaitan dengan pendidikan, kecintaan dan rasa kagum akan alam tidak pernah pudar. Inilah yang membuat saya bertekad untuk mengajarkan anak-anak mencintai bumi sejak kecil.

Earth Day 2022, Invest In Our Planet


Tahun ini, Hari Bumi Sedunia memiliki tema ‘Invest in our planet’ yang mengajak seluruh warga bumi untuk menjaga bumi dengan cara menyelesaikan krisis iklim yang sedang terjadi, memulihkan alam, mengembangkan dan menggunakan sumber daya yang berkelanjutan agar planet bumi terus bisa menjadi tempat tinggal yang layak bagi generasi mendatang.

Saat ini bumi memang sedang tidak baik, mulai dari masalah global warming, deforestasi, sampai masalah sampah. Kita harus berani mengakuinya karena kalau terus-terusan denial, kita tidak akan bergerak untuk melakukan perubahan.

Aktivitas seru bersama anak untuk memperingati Earth Day


Kali ini saya mengajak anak-anak untuk merayakan Earth Day lewat beberapa aktivitas seru. Lewat kegiatan ini, rasa cinta terhadap lingkungan dan bumi bisa tumbuh dan semoga akan terus lekat hingga mereka dewasa nanti.

Apa saja ide kegiatan anak untuk Hari Bumi Sedunia?

Aktivitas Memilah sampah

Mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan bisa dimulai dari hal yang sangat sederhana seperti memilah sampah seperti sampah plastik, kertas, logam. Beberapa benda yang sekiranya bisa dialihfungsikan seperti tutup botol akan kumpulkan untuk nanti dibuat bermain open ended play atau prakarya.

Anak-anak juga bisa diajak bermain sorting game ini dimana mereka harus memilah sampah yang bisa didaur ulang.   

sorting game recycle it game twinkl indonesia

This or That Earth Day Powerpoint Game

Saya cukup sering melihat This or That ini stories Instagram saya. Siapa sangka kalau This or That bisa dimodifikasi menjadi kegiatan seru bersama anak-anak dengan tema Hari Bumi.

Cara bermainnya pun mudah. Anak-anak diminta untuk memilih ini atau itu dan lari ke arah kiri atau kanan sesuai pilihan mereka. Biasanya saya akan menanyakan kenapa mereka memilih jawaban tersebut. Selanjutnya, anak-anak bisa diajak diskusi tentang masalah lingkungan dan solusinya. Kalian bisa unduh aktivitas ini dengan klik ini This or That Earth Day Powerpoint Game.

Tantangan Hemat Energi

Coba perhatikan sekeliling rumah. Apakah ada charger yang masih terpasang pada stop kontak? Apakah ada lampu yang masih menyala meskipun ruangan tidak dipakai? Adakah keran air yang belum tertutup sempurna? Hal seperti tidak mematikan lampu dan membiarkan air terbuang sering kali diabaikan, padahal dampaknya sangat besar pada bumi.

Saya sendiri termasuk rewel soal hemat energi ini. Dalam satu hari saya bisa bolak balik mengingatkan anak-anak untuk mematikan lampu yang tidak terpakai dan menggunakan air dengan bijak. Sudah macam kaset kusut lah.

Dari sini muncullah ide membuat tantangan hemat energi. Setiap kali mas Deniz dan Zinan berhasil menghemat energi, mereka akan mendapatkan satu bintang. Agar lebih semangat, tentu saja ada reward-nya dong. Ternyata cara ini efektif lho! Mas Deniz dan Zinan tidak lupa lagi mematikan lampu dan elektronik di rumah setiap kali selesai digunakan.

Prakarya dengan tema Earth Day

Sahabat Keluarga Aditya sudah tahu ya kalau mas Deniz dan Zinan senang membuat prakarya. Dalam rangka Earth Day, ada banyak sekali ide prakarya yang bisa dibuat seperti membuat pembatas buku dan poster.

Saya tidak kuatir kehabisan ide prakarya karena di Twinkl banyak bahan ajar dan printables yang pastinya seru dan edukatif.

Hari Bumi: Celebrate Our Earth with Twinkl

Nah daripada hanya dipajang di rumah, prakarya yang anak-anak buat bisa diikutsertakan dalam proyek internasional Twinkl "Celebrate Our Earth" lho. Kegiatan ini dilakukan untuk menghormati keanekaragaman alam dan ekosistem kecil. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pada keindahan daerah setempat dan mendorong generasi muda untuk berpikir kreatif tentang bagaimana melestarikan planet ini.

Twinkl Celebrate Our Earth Hari Bumi 2022 Proyek Internasional Twinkl

Oya, kegiatan ini akan dilakukan serentak oleh anak-anak di beberapa negara lainnya seperti Inggris, Itali, Spanyol, Jerman, Amerika, Kanada, Vietnam, Filipina, Thailand, Afrika Selatan, Irlandia dan Australia.

Seru kan! Sahabat Keluarga Aditya juga bisa berpartisipasi dalam proyek ini. Silahkan unduh lembar kerja ini untuk membantu anak-anak belajar tentang wilayah tempat tinggal mereka. Kemudian, ajak anak akan membuat karya seni, poster, buklet, atau puisi tentang daerah setempat mereka.

Selanjutnya, unggah karya yang telah jadi dengan cara klik tanda + di gambar di bawah ini dan pilih negara asal. 

Hasil karya anak-anak tersebut akan dipamerkan dalam peta dunia interaktif bersama dengan karya seni anak-anak dari seluruh dunia. Selain itu, Anak-anak akan juga menerima “Eco-champion certificate” resmi. Ajak teman-teman untuk berpartisipasi ya!

Made with Padlet

***

Itu dia beberapa ide kegiatan Earth Day agar anak mencintai lingkungan dan menjaga bumi. Bagaimana dengan sahabat Keluarga Aditya nih? Kegiatan apa yang dilakukan bersama keluarga dalam rangka Hari Bumi Sedunia?

Jangan lupa untuk ikutan proyek Celebrate Our Earth Twinkl ya dan unggah hasil karya kalian sebelum tanggal 30 April 2022.

Tidak ada komentar