Kenapa Harus Beralih Pakai Clodi

Kenapa harus beralih pakai clodi? Berbicara mengenai bayi dan anak, tentu tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan mengenai popok, terutama popok sekali pakai (pospak). Produk ini menjadi solusi praktis untuk memberikan kenyamanan bayi dan kemudahan bagi ibu.

kenapa harus beralih pakai clodi manfaat clodi untuk anak dan lingkungan

Di balik itu semua, (pospak) dinilai lebih boros dan lebih mudah mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Karena alasan tersebut, saya memilih menggunakan clodi yang menawarkan keunggulan dari segi kesehatan dan juga ramah lingkungan. Lebih lanjut berikut infonya.

Tentang Popok Bayi


Popok kain sebetulnya bukanlah hal yang baru. Dulu sebelum ada pospak, orang tua kita atau kakek nenek kita menggunakan popok kain sederhana untuk menampung pipis dan pup. Hingga saat ini pun popok kain masih digunakan terutama untuk bayi baru lahir atau newborn.

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula inovasi yang muncul, termasuk pada popok bayi. Popok kain yang dulu harus dikencangkan menggunakan peniti atau diikat, sekarang memiliki desain yang praktis dan mudah digunakan. Popok kain modern inilah yang sekarang populer disebut clodi (cloth diaper).

Saya sendiri menggunakan popok kain sejak anak-anak lahir dan langsung beralih ke clodi begitu mereka sudah puput puser (ketika tali pusar bayi sudah lepas). Kurang lebih sekitar 1-2 minggu.

Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membersihkan popok, tetapi dari segi kesehatan akan sangat membantu bayi.

Manfaat Menggunakan Popok Kain clodi


Clodi memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan popok sekali pakai atau disposable diapers. Sekalipun popok disposable diapers dapat memberikan keuntungan dari segi praktis dan waktu, tetapi bahan pembuatannya dapat mempengaruhi kesehatan kulit si kecil yang masih rentan.

Hal inilah yang menjadi landasan kenapa para moms harus mempertimbangkan penggunaan clodi nih. Beralih menggunakan diapers berbahan kain tidak merugikan lho. Justru, moms bisa menjaga kesehatan kulit bayi agar tidak mudah iritasi, berhemat, dan sekaligus mengurangi sampah.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan clodi:

1. Mengurangi Risiko Iritasi

Salah satu alasan kenapa moms perlu mempertimbangkan cloth diaper pada bayi adalah mengurangi risiko iritasi kulit secara signifikan. Umumnya, kondisi kulit tersebut dikarenakan diaper rash atau lebih dikenal dengan ruam popok. Masalah kulit ini terjadi karena gesekan bahan popok sekali pakai yang mengenai kulit bayi.

Saat ini kita bisa menemukan berbagai macam popok sekali pakai di pasaran dengan klaim bahan paling lembut, bebas iritasi, dan masih banyak lagi. Hal ini juga membuat orang tua sering kali kebingungan dalam memilih mana yang cocok untuk si kecil.

Lalu, kenapa penggunaan popok kain clodi dapat memperkecil kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit si kecil? Ini karena popok kain menggunakan bahan yang alami sebagai material utamanya. Kain permukaan popok clodi yang lembut tidak akan membuat kulit bayi bergesekan. Selain itu, clodi memungkinkan lebih sering diganti saat sudah basah.

Dengan kata lain, keunggulan popok kain memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Bahkan para kalangan ahli kesehatan juga menyarankan untuk beralih menggunakan popok bayi dibandingkan disposable diapers. Selain lebih sehat, kemungkinan bayi terkena iritasi juga bisa diminimalisir secara signifikan dibandingkan popok sekali pakai.

2. Melatih Anak Kebiasaan yang Baik Training

Menggunakan popok kain juga tidak hanya berguna untuk kesehatan si kecil. Lebih dari itu, ini mampu memudahkan orang tua dalam mengajarkan penggunaan toilet sejak dini. Selama mengajarkan kebiasaan yang satu ini, anak yang terbiasa menggunakan popok kain cuci ulang akan lebih mudah sadar jika celananya sudah basah dan perlu ke kamar mandi.

Hal ini tidak bisa didapatkan ketika anak menggunakan popok sekali pakai. Pasalnya, disposable diapers dilengkapi dengan teknologi dan inovasi yang terbaru. Bahkan beberapa merek menawarkan popok yang tetap kering seharian. Memang praktis, tetapi akan mempengaruhi kesehatan kulit anak dan pemicu iritasi hingga ISK.

3. Menghemat Pengeluaran

Nah kalau yang satu ini nggak perlu ditanyakan lagi ya moms and dads. Penggunaan clodi akan memberikan manfaat dari segi ekonomi. Moms and dads bisa menghemat pengeluaran untuk membeli popok.

Ini karena popok kain clodi bisa dicuci dan dipakai berulang kali dalam jangka waktu yang lama. Lebih lanjut, produk popok kain clodi juga fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh anak. Dengan perawatan clodi yang benar, clodi bisa digunakan hingga anak usia 2 tahun dan bisa diturunkan untuk anak berikutnya.

4. Aman dan Bebas Bahan Kimia

Alasan lainnya kenapa banyak para orang tua yang mempertimbangkan popok kain yaitu karena bebas bahan kimia. Popok kain ini memiliki bahan utama kain dan tidak membahayakan bagi kulit. Alhasil, kulit bayi bisa terjaga dari iritasi dan lebih sehat sepanjang menggunakan cloth diaper sehari hari.

5. Kenyamanan yang Maksimal

Tidak ketinggalan nih, popok clodi mampu memberikan kenyamanan ekstra bagi si kecil ketika beraktivitas harian. Bahan utama dari diapers cloth memang terbuat dari kain lembut. Ini menjadi bahan dalam dari popok kain yang digunakan anak. Tujuannya tidak lain dan tak bukan adalah memberikan rasa nyaman secara optimal bagi anak.

Apalagi pada saat waktu istirahat, maka si kecil akan lebih nyaman dengan permukaan popok kain yang lembut, Berbeda dengan popok sekali pakai yang mengandalkan bahan plastik. Terkadang gesekan disposable diapers membuat kulit si kecil rentan oleh iritasi dan lain sebagainya. Jadi, penggunaan popok kain sangat membantu kenyamanan anak.

6. Ramah Lingkungan

Tidak perlu dipertanyakan lagi dari segi lingkungan, sebab popok kain dinilai lebih unggul. Jika menggunakan popok sekali pakai, maka berapa banyak jumlah popok yang dibuang setiap harinya yang menyebabkan sampah? Dengan memanfaatkan popok kain atau clodi, maka anda secara langsung dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

***

Itu dia beberapa keunggulan dari penggunaan popok kain clodi jika dibandingkan dengan popok sekali pakai.

Memang betul dengan menggunakan clodi, kita harus berkorban meluangkan waktu dan tenaga untuk membersihkan dan mencuci clodi. Namun pertimbangkan juga biaya yang bisa moms dan dads hemat dan kesehatan kulit si kecil.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa meyakinkan moms dan dads yang masih galau untuk beralih ke clodi. Yuk pelan-pelan kita jaga bumi tempat tinggal kita dengan mengurangi limbah pospak.

See you in my next post!

Tidak ada komentar