Perlengkapan clodi agar bersih maksimal dan awet

Untuk para ibu (dan juga ayah) dan calon ibu yang membaca tulisan tentang clodi ini, congratulations! Ini menunjukkan kalau ibu dan ayah telah menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan ingin mengurangi sampah pospak dengan menggunakan popok kain atau clodi. Di tulisan ini, aku mau berbagi beberapa perlengkapan clodi yang perlu dimiliki agar clodi bersih maksimal dan awet hingga bertahun-tahun. 

perlengkapan clodi agar bersih maksimal dan tetap awet

Berdasarkan pengalaman aku menggunakan clodi ke mas Deniz dan Zinan, ada beberapa perlengkapan atau pernak-pernik clodi yang sangat membantu agar clodi bersih dan bisa awet. Apa saja ya perlengkapannya? Ini dia nih: 

1. Detergen clodi

Buat para ibu yang memutuskan untuk menggunakan clodi, penting banget nih untuk punya detergen khusus untuk mencuci clodi. Lho, memangnya kenapa kalau mencuci clodi dengan detergen biasa? 

Detergen biasa umumnya punya kandungan SLS yang cukup tinggi. SLS adalah bahan yang digunakan pada produk pencuci agar menghasilkan busa. Apabila clodi dicuci menggunakan detergen biasa, busa ini akan meninggalkan residu. Efeknya, daya serap clodi menurun. 

Gunakan detergen khusus clodi agar clodi awet
Gunakan detergen khusus clodi agar clodi awet.

Jadi sebaiknya gunakan detergen khusus untuk mencuci clodi ya buibu. Saat ini aku pakai detergen ANSAV untuk mencuci clodi, sedangkan sabun lerak aku pakai untuk mengucek noda pada clodi. Nanti aku review detergennya lebih detil di postingan berikutnya ya.

2. Liner

Ketika jemuran clodi belum kering, mau tidak mau aku menggunakan pospak. Tetapi ada satu hal yang paling bikin aku kesal ketika menggunakan pospak, yaitu ketika si kecil poop tapi pospak-nya belum dipipisin. Sumpah itu keselnya sampai ke ubun-ubun karena merasa bersalah sudah menambah sampah. Hal ini juga yang membuat aku berusaha untuk komitmen menggunakan clodi pada anak-anakku. Kalau pakai clodi, kena poop dikit nggak masalah karena bisa dicuci. Hehehe.

Liner clodi untuk melapisi inner
Liner clodi untuk melapisi inner.

Clodi sendiri konsepnya sama seperti pospak, bisa menampung pipis beberapa kali. Terus gimana kalau si kecil poop tapi clodi-nya belum kena pipis, terutama ketika pakai clodi model pocket. Untuk mengakali hal ini, buibu bisa gunakan liner. Liner adalah lembaran kain bahan microfleece atau suede yang berfungsi sebagai alas popok kain atau clodi dan menjaga agar permukaan popok tetap kering (stay dry).

Jadi ketika si kecil poop, buibu cukup ganti linernya saja. Penggunaan liner juga memudahkan pencucian clodi karena noda poop tidak langsung menempel pada insert/inner clodi. Dengan begitu, clodi akan lebih awet. Selain itu, liner menjaga agar kulit bayi tetap kering sehingga mengurangi resiko ruam popok.

Liner akan mencegah noda poop menempel pada inner clodi
Liner akan mencegah noda poop menempel pada inner clodi.

Cerita dan review lengkap tentang liner akan aku tulis di postingan berikutnya ya.



3. Stripping detergen

“Kok clodi baru dipakai sebentar sudah bocor sih?”

Ini adalah salah satu komentar yang sering aku dapatkan dari buibu pengguna clodi. Salah satu penyebab clodi bocor adalah daya serap insert yang menurun. Menurunnya daya serap insert clodi disebabkan oleh penumpukan residu dari detergen saat mencuci clodi. Kalau clodi cepat bocor, ini berarti sudah waktunya clodi di-stripping. 

Clodi di-stripping? Maksudnya clodi ditelanjangin gitu? Jadi stripping clodi itu berfungsi untuk meremajakan kembali kemampuan clodi sehingga daya serapnya kembali maksimal. Biasanya stripping clodi dilakukan berkala sebulan sekali atau ketika clodi dan insert mudah bocor dan bau pesing (meskipun telah dicuci).

Stripping clodi perlu dilakukan berkala agar daya serap clodi tetap maksimal
Stripping clodi perlu dilakukan berkala agar daya serap clodi tetap maksimal.

Ada beberapa cara stripping clodi yaitu menggunakan air saja, dan menggunakan RLR/stripping detergen. Aku sendiri lebih senang menggunakan stripping detergen karena hasilnya clodi bersih maksimal.

4. Toilet sprayer/semprotan toilet

apakah di kamar mandi buibu ada toilet sprayer? Toilet sprayer atau semprotan toilet sangat berguna untuk membuang kotoran/poop bayi pada liner/inner clodi. Setel toilet sprayer dengan kekuatan sedang sehingga kotoran mudah dibilas. 

Gimana nih kalau nggak punya toilet sprayer? Gapapa kok. Buibu bisa membuang poop dengan selang atau diguyur air. 

Toilet sprayer membantu membersihkan poop yang menempel di clodi dan liner
Toilet sprayer membantu membersihkan poop yang menempel di clodi dan liner.


5. Ember dengan tutup

Aku mencuci clodi setiap 2 hari sekali. Jadi selama 2 hari, clodi yang dipakai adik Syafiq dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ember dengan tutup. Oya, clodi yang dimasukkan ke dalam ember ini adalah clodi, insert, dan liner yang sudah dibilas dan dibersihkan dari poop.

Nggak takut bau tuh clodi-nya dibiarkan selama 2 hari? Nggak kok, insyaAllah clodi, insert dan liner-nya aman karena aku menggunakan metode wet pail. Eh apaan tuh wet pail? Wet pail adalah metode basah dimana clodi yang sudah dibersihkan direndam dalam ember berisi air sebelum dicuci. Jangan lupa air rendaman-nya diganti setiap hari. 

Ember dengan tutup untuk menyimpan clodi yang sudah dibilas
Ember dengan tutup untuk menyimpan clodi yang sudah dibilas. 


***

Itu dia beberapa perlengkapan clodi yang perlu disiapkan apabila buibu memutuskan untuk menggunakan clodi. Buat buibu yang sudah memakaikan clodi ke si kecil, perlengkapan apa lagi nih yang bisa ditambahkan? Share yuk di kolom komentar. 

Salam clodi and see you on my next post!

22 komentar

  1. Waktu anak2 msh bayi, sejujurnya aku memang pakein pospak. Waktu itu clodi seingetku udah ada, tp blm terlalu dikenal kayak skr mba. Kalo skr udah banyak kan yaaa di mana2. Blm lg udah ada sabun khususnya pula. Dulu aku malah ga prnh tau detergen khusus clodi ini.

    Tapi waktu itu alasan utama kenapa aku ga pake clodi, Krn jujurnya ga mau nambahin tugas babysitter dan asistenku dengan nyuci clodi juga. Walopun aku ngerti memakai pospak memang menambah sampah :( .

    Tapi anak2ku untungnya ga lama pakai pospak, Krn memang Ama babysitter diajarin utk ke toilet pas umur 1 THN. Jd mereka cepet lepas popok setelah terbiasa.

    Sangat berguna cara membersihkan clodinya mba. Mungkin bisa aku ksh tau ke adekku yg sdg hamil. Kali aja dia mau mulai memakai clodi utk anaknya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tiap ibu pasti punya alasan kok kenapa pakai pospak. Aku juga bukan yang anti pospak sih. Di rumah tetap ada standby pospak cuma aku benar2 tahan penggunaannya. Paling kalau kepepet aja kupakai.

      Sama dong, aku juga dari umur 1 tahunan udah diajarin toilet training. Capek sih ngajarinnya tapi kalau udah bisa enak. Clodi dipakai buat jaga2 aja biar nggak ngompol di kasur.

      Hapus
  2. Kalau clodi baiknya dicuci manual ya, Mbak? Kalau pakai mesin cuci aman gak, ya? Saya punya adik ipar yang sedang hamil. Siapa tau dia butuh info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok mbak. Aku juga nyucinya pakai mesin cuci. Supaya nggak gampang rusak, outer/pocket-nya dimasukkan ke dalam laundry bag jadi pas di dalam mesin cuci tuh nggak ketarik2.

      Hapus
  3. waa aku baru tau niiih, informasi baru buat aku hihihi, terima kasih yaa untuk info dan sharingnyaaa, bisa jadi bekel nanti nih kalo udah punya anak hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya kak. Semoga nanti bisa ikutan pakai clodi juga yaaa...

      Hapus
  4. jaman aku hamil anakku dulu blom familiar dengan clodi ini, ada sih tapi nggak sebanyak sekarang :)

    BalasHapus
  5. Jadi perlu deterjen khusus ya kak untuk bisa bersih maksimal si clodinnya, noted mungkin nanti aku bisa suggest ke adikku juga

    BalasHapus
  6. aku belum pernah pakaikan clodi ke anak, dulu udah rencana mau beli ya eh pandemi. gak kuat sama keribetan dan kestresan di rumah wkwk akhirnya yaudah pospak dulu. sambil ngajarin TT perlahan2

    BalasHapus
  7. wah infonya sangat bermanfaat sekali, emang lebih menjaga lingkungan dengan cara yang bisa kita lakukan dari sini juga ya mbak, nanti aku bakal terapin kalo program lagi

    BalasHapus
  8. jadi lebih hemat ya dengan clodi, tapi emang harus rajin juga membersihkannya setiap setelah dipakai

    BalasHapus
  9. Oh My God kenapa gemes-gemes banget kak warnanya! Thank you for the information, will definitely helpful kalau nanti menikah dan punya anak.

    BalasHapus
  10. aku jadi tahu apa itu clodi makasih mba aku catet aja buat ilmu nanti kalo sudah ada anak

    BalasHapus
  11. Aku baru tau kalau clodi ini ada detergen khususnya, dulu waktu anakku masih bayi aku sempat pakaikan dia clodi. Tapi sebenarnya lebih sering pakai popok bayi sekali pakai, karena dulu jaman kerja anakku sama mamahku jadi takut beliau kerepotan kalau menggunakan clodi.

    BalasHapus
  12. Cita-cita anak kedua pengen pake clodi. Tp karena anak pertama jg masih batita, saya blm sanggup menerapkan clodi 😅

    BalasHapus
  13. wah di beberapa keluarga saya masih banyak yang menggunakan clodi ini kak, selain ramah lingkungan juga kayaknya sodara2 kecilku lebih betah pakai kain begini, wah cara penanganannya sangat membantu niy mba

    BalasHapus
  14. wah ternyata clodi punya detergen khusus ya, selama ini aku cuci clodi anakku pake deterjen biasa loh.

    BalasHapus
  15. Aku inget banget zaman-zaman anak beibi, pakai clodi belinya satu per-satu hingga banyak dan bisa napas lega karena bisa dipakai gonta-ganti tiap hari, apalagi kalau musim hujan. Yang penting insert banyakin yaa, kak..
    Karena keringnya paling lamaaaa...

    BalasHapus
  16. Noted mbak, aku baru tau bedanya antara clodi detergent sama stripping detergent. Ini nanti aku save buat anak kedua hihi. Pengen coba pakai clodi.

    BalasHapus
  17. Karena belum ada bayik aku masih ngumpulin persiapan-persiapan nih eheheh
    makasih kakak udah ada rekomendari untuk membersihkan clodi maksimal ni.

    BalasHapus
  18. Aku dulu cuma sebentar ngasih clodi karena ompolnya tetap banjir. Ga tau apa clodinya gak bagus ya. Tapi anakku jg sebentar pake diaper. Dibiarin ngompol aja gitu, biar cepat toilet trainingnya. Ya jadinya harus sering ngepel lantai hehehe

    BalasHapus
  19. aku nih mau pake clodi maju mundur, kebayang ribetnya padahal pake clodi selain menyelamatkan bumi bisa mengurangi biaya popok bulanan juga. lebih hemat.

    BalasHapus