Tips Mendapatkan Penghasilan dari Blog ala Blogger Nyi Penengah

Dari awal tujuan aku menulis di blog memang untuk berbagi cerita kepada pembaca. Di blog Talkative Tya, aku menceritakan pengalaman aku soal kecantikan. Seiring perjalanan membesarkan blog, ternyata aku juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Senang, pastinya dong. Di tulisan kali ini, aku mau memberikan sedikit tips mendapatkan penghasilan dari blog yang aku pelajari dari mbak Nyi Penengah Dewanti, seorang lifestyle blogger dari Kendal. 

tips dapat uang lewat blog ala nyi penengah dewanti

Ide tulisan ini tercetus setelah aku dan beberapa teman blogger yang berada di Arisan Link Blogger Perempuan Grup 4 membahas tentang job menulis. Ada saja yang dibahas, mulai dari rate yang ditawarkan sampai persyaratan yang kadang bikin hati sesak. Di tengah percakapan, mbak Nyi Penengah Dewanti memberikan informasi tentang cara beliau mendapatkan penghasilan tambahan lewat blognya. Wah, perlu dicoba nih. 

Nyi Penengah Dewanti, Blogger Kendal pemilik 5 blog

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana caranya dapat cuan dari blog, yuk kenalan dengan mbak Nyi. Blogger yang punya nama unik ini ternyata seorang penulis buku lho. Ada 7 novel yang sudah ditulis oleh beliau. Selain itu, mbak Nyi PD ini juga menjadi kontributor dalam 127 antologi buku. Wow! 


Selain menulis buku, mbak Nyi Penengah Dewanti juga memublikasikan tulisannya di blog. Tidak tanggung-tanggung nih, beliau punya 5 blog. Aku aja yang punya satu blog kadang suka nggak keurus. Hihihi. Ketika mbak Nyi berbagi cerita kalau beliau bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kelima blognya, semangat menulisku jadi terpacu. Siapa sih yang nggak mau dapat uang? Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, bisa mendapatkan penghasilan tambahan tentu sangat berarti. 

Tips mendapatkan penghasilan dari blog

Blogger Nyi Penengah menuliskan pengalaman beliau selama menjadi blogger dan bagaimana cara bisa mendapatkan cuan alias uang dari blog. Dari obrolan santai via sosmed dan tulisan beliau di blog, aku mendapatkan beberapa tips yang bisa teman-teman praktekkan nih.

Benahi blog
Kalau ingin serius mendapatkan penghasilan lewat blog, jelas harus punya blog dulu ya. Nah buat teman-teman yang sudah punya blog, coba deh ditengokin blognya. Jangan-jangan blognya sudah berdebu. Hehehe.

Sama halnya seperti rumah, blog adalah rumah kita. Bayangkan kalau rumah kita nggak keurus, pasti males kan mau beraktivitas. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat bebenah blog, seperti menghapus broken link (ini peer paling berat sih), menghapus komentar spam di blog, sampai ganti template.

Rajin update konten
Kalau blog sudah cantik dan rapi, tips berikutnya adalah rajin mengisi blog dengan konten. Jangan lupa juga, kalau bisa tulis konten yang sesuai dengan niche blog. Biar nggak lupa untuk update, teman-teman bisa buat perencanaan tulisan apa saja yang akan dipublikasikan dalam waktu seminggu atau sebulan.

Sering share konten
Sudah rajin nulis? Good. Tapi serajin apapun kita update konten di blog kalau tidak ada yang membaca ya sami mawon. Apalagi kalau blog-nya masih baru dan belum terlalu dikenal. Agar blog dan tulisan yang kita tulis dibaca banyak orang, kita perlu membagikannya di media sosial secara rutin. Beberapa komunitas blogger juga punya program blog walking dimana kamu bisa saling berkunjung ke blog lain.

Bangun networking yang baik
Salah satu kekuatan blogger adalah memiliki jaringan (networking) pertemanan yang luas. Berteman dengan banyak blogger, baik itu lewat komunitas atau media sosial bisa meningkatkan peluang mendapatkan penghasilan lewat blog. Aku pribadi mendapatkan job blogging pertama ya lewat rekomendasi sesama blogger. Nah kalau sudah punya networking yang baik, jangan lupa dijaga yaa. Jaga attitude meskipun hanya lewat dunia maya. 

Daftarkan blog di beberapa website kerjasama.
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan lewat blog adalah dengan mendaftarkan blog di marketplace backlink. Di marketplace ini, teman-teman bisa menawarkan diri untuk menulis artikel dengan backlink yang sudah ditentukan dan mendapatkan bayaran. Beberapa marketplace backlink yang bisa dicoba adalah vira.id, RajaBacklink, dan Sosiago. 

*** 

Saat ini aku sedang merintis blog www.keluargaaditya.com (sebetulnya sih blognya sudah lama cuma memang tidak terurus saja). Aku berharap dengan menjalankan tips di atas, blog ini juga bisa menghasilkan seperti blog utama aku. Bagaimana dengan teman-teman nih, masih ingat tidak kapan pertama kali mendapatkan job ngeblog? Share di kolom komentar ya! See you on my next post!

tips dapat uang lewat blog ala nyi penengah blogger kendal dewanti

2 komentar

  1. Mba Tyaaa makasih ya udah ngulaass
    Tulisanmu selalubpunua ruh. Semangat ngeblog kita

    BalasHapus